Tips & Trick

Salah Milih Jurusan Kuliah? Bukan Akhir Dari Segalanya!!

Hallo Sobat LMK, kalian kadang ngerasa ga sih atau bahkan menyadari bahwa kalian tuh salah jurusan? Tapi menurut mimin, itu hal yang biasa dan banyak sekali orang yang mengalaminya. Jadi, kalian yang ngerasa salah jurusan jangan bersedih ya!! Percayalah, itu bukan akhir dari segalanya lho! Bukankah setiap permasalahan akan ada jalan keluarnya? Tenang, mimin punya solusi agar kalian ga ngerasa sia-sia kuliah mahal-mahal tapi ga bisa ngikutin materinya, IPK turun, dan lain sebagainya.

Nah tips pertama, kalian harus bangkit dulu. Kenapa harus bangkit? banyak orang yang setelah mengetahui dia salah jurusan terus down, tapi biasanya itu bagi para cewek-cewek ya ga sih? hihi. Belum lagi pas denger kata-kata dari orang, misal “Ih udah dibiayain mahal-mahal, kuliah masa ga becus” dan perkataan dari para orang julid lainnya. Kadang yang bikin tambah down itu malah orang-orang sekitar lho. Nah, maka dari itu kalian harus bisa ngelawan dan buktiin bahwa kalian tuh bisa. Ketika kalian benar- benar berada dalam titik terendah. Ajak diri kalian, peluk dan bisikin “Ayo kamu bisa, pasti bisa kok, kamu kuat, kamu bisa buktiin, kamu berguna, semangat” atau bisa gunain kalimat penyemangat buat diri sendiri versi kalian!! abis itu jangan lupa tarik napas sambil pejamkan mata, buka mata dan lihat dunia, perjalananmu masih panjang. Ketika, kalian udah bangkit. Lanjut ke langkah kedua……

Yang kedua, pikirkan dan renungkan. Selama ini, kalian benar-benar kesulitan di mata kuliah apa, di bagian materi mana. Apakah emang salah jurusan, atau kaliannya yang kurang minat dalam mengikuti perkuliahan. Setelah kalian menemukan biang masalah dari permasalahan kalian. Langkah selanjutnya adalah…..

Yang ketiga, tentunya kalian harus memperbaikinya. Bagaimanakah caranya? cari solusinya. Misal kalian salah jurusan lantaran di dalam jurusan itu ada salah satu mata kuliah yang benar-benar tidak kalian pahami, karena tidak suka, tidak minat, tidak nyaman, maupun perasaan lainnya. Nah, mulai sekarang kalian harus pelan-pelan menyukai materinya, menyukai kenyamanannya, dan ikuti kursus di mata kuliah yang tidak dipahami, maupun berusaha mencari relasi yang bisa menjadi support system dan mengajarkan banyak hal yang tidak kalian pahami. Karena, sebenarnya relasi itu adalah salah satu faktor terpenting juga lho!! Dan yang terakhirrrrr….

Yang keempat, setelah kalian menemukan solusi, tetap semangat dan jangan gampang menyerah, selalu berpikir kreatif, kritis, dan analisis ya!! Agar materi-materi yang kurang paham bisa kalian pahamin. Tidak ada kesalahan dan masalah yang tidak ada jalan keluar dan pembelajarannya. Tetap Semangaat!!

Semoga tips dari mimin membantu kalian ya!! Yang punya pengalaman salah jurusan, juga bisa lho sharing bareng-bareng di kolom komentar. Terimakasih…..

 

2 Replies to “Salah Milih Jurusan Kuliah? Bukan Akhir Dari Segalanya!!

  1. Good day! Do you know if they make any plugins to help with SEO?
    I’m trying to get my website to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good
    gains. If you know of any please share. Kudos! I saw similar
    text here: Backlinks List

  2. You’re truly a excellent webmaster. The site loading
    velocity is amazing. It seems that you are doing any distinctive trick.
    Furthermore, the contents are masterwork. you’ve performed a fantastic task in this subject!
    Similar here: bezpieczne zakupy and also
    here: E-commerce

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *