Ditanya Harga Desain? Jangan Bingung, Begini Jawabnya!

Tips & Trick

Hallo Sobat LMK! Coba sini absen buat para desainer baru yang masih canggung nih kalo ditanya masalah harga sama client. Kenapa canggung? Justru itu sepenuhnya hak kalian lho! Disini mimin mau kasih penjelasan kenapa kalian harus percaya diri untuk mematokan harga dan gak perlu takut! Yuk simak penjelasannya!

Nah, biasanya untuk para desainer baru, masih agak panik nih kalo ditanya urusan harga desainnya. Beberapa faktor yang membuat para desainer takut:

  • Takut kemahalan
  • Takut kemurahan
  • Takut rugi, gak sesuai ama effort yang dikeluarkan
  • Takut client yang rugi karena skill belum sebaik harga

Waduh.. Kalo kasus nya kaya gini gimana nanganinnya? Ini tips nya!

Jangan langsung sebut angka!

Nah daripada langsung to the point tentang harga, kamu bisa pastikan dulu nih, apa aja kebutuhan desainnya. Tujuan desainnya apa? Adakah referensi? Deadline? Jadi jawaban dari client tentang pertanyaan kamu, bisa kamu jadiin patokan untuk nantinya nembak harga desain kamu.

Sampaikan proses pengerjaan

Setelah kamu pertimbangkan dari obrolan diatas, kamu bisa memperkirakan harga yang akan didapat. Tapi kamu harus pastikan harga yang kamu perkirakan masih sesuai dengaan pasaran jadi kamu masih bisa riset dulu deh

Menanyakan budget client

Gak cuman mempertimbangkan dari sudut pandang kamu, kamu juga harus tau nih, berapa sih budget client untuk project desain ini? Kamu juga bisa memberikan kesempatan penawaran untuk client agar nantinya kalian bisa cepet deal projectnya!

Nah jadi gimana nih Sobat LMK? Masih takut gak buat jawab pertanyaan harga desain?

Pak bayu ketemu Bu Anya, yuk diterapin tipsnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *