Artikel

Udah Mau Ramadhan nih, Kalian Udah Ngelakuin Hal Ini Belum?

Hallo Sobat LMK! Ramadhan udah didepan mata lho! Tanpa disadari banyak hal yang menjadi rutinitas atau malah menjadi tradisi masyarakat sebelum ramadhan datang? Yuk simak, kalian ngelakuin salah satunya gak nih..

1. Nyekar/Ziarah

Source: rajanekeranda.id

Nyekar adalah tradisi membersihkan makam leluhur/keluarga dan mengirimkan doa serta menabur bunga. Nyekar biasanya menjadi salah satu tradisi yang dilakukan sebelum ramadhan. Tidak hanya sebelum ramadhan, nyekar biasanya juga dilakukan saat menjelang lebaran.

2. Munggahan

Source: www.hipwee.com

Munggahan merupakan tradisi yang dilakukan dengan cara berkumpul bersama keluarga dan kerabat. mirip seperti tradisi nyekar diatas, kegiatan ini dapat dimulai dengan berziarah ke makan orang tua. Kegiatan berlanjut ke acara berkumpul, bermaaf-maafan, dan makan bersama dengan keluarga maupun kerabat. Tradisi ini dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur dalam menyambut bulan suci Ramadan. Selain itu, dengan bermaaf-maafan dapat memperbaiki hubungan sesama manusia sebelum menjalankan ibadah puasa.

3. Ruwahan

Source: kuparan.com

Tradisi ruwahan merupakan ritual menyambut Ramadhan yang berasal dari Jawa Tengah dan Yogyakarta. Ruwahan berasal dari kata Ruwah, yaitu bulan kedelapan dalam penanggalan Jawa, atau bulan Sya’ban dalam kalender Islam. Tradisi ruwahan dilakukan dengan menggelar kenduri atau selamatan untuk mendoakan para leluhur dan berbagi sedekah kepada tetangga. Biasanya ada tiga makanan khas dalam ruwahan, yakni ketan, kolak, dan apem. Nah, masing masing dari ketiga makanan itu ternyata memiliki arti loh Sobat LMK, ketan bermakna hati yang bersih dan lekat dengan sesama. Sementara kolak untuk mengingatkan kepada Sang Pencipta dan apem untuk mengingatkan manusia untuk bertaubat.

Nah, ada tradisi yang udah kamu lakuin belum nih Sobat LMK?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *