Artikel

Tanpa Beliau Para Wanita Tak Mungkin Bisa Belajar dan Bekerja

Hallo Sobat LMK, dalam rangka memperingati Hari Kartini. Kalian tau ga sih kenapa Hari Kartini itu diperingati setiap tanggal 21 April? Nah, supaya kalian ga asal ikut-ikutan memperingati aja, baca yuk penjelasan asal -usul peringatan Hari Kartini.

Raden Ajeng Kartini lahir pada tanggal 21 April 1839 di Jepara. Raden Ajeng Kartini keturunan Bupati Jepara sekaligus bangsawan. Saat itu Raden Ajeng Kartini lahir pada masa penjajahan. Raden Ajeng Kartini melihat perempuan-perempuan ditindas dan tidak diberikan kebebasan untuk mengembangkan bakatnya. Perempuan – perempuan pada jaman dahulu hanya diperbolehkan di dalam rumah mengurus pekerjaan rumah. Melihat penindasan terhadap perempun, poligami, pernikahan paksa, dan tidak adanya kesetaraan antara laki-laki dan perempuan, Raden Ajeng Kartini termotivasi untuk membebaskan dan mensejahterakan hak-hak wanita. Melalui suratnya yang dikirim oleh teman-temannya yang berisi tentang pemikiran-pemikiran untuk membebaskan perempuan-perempuan Indonesia. Saat usia Kartini 12 tahun, beliau bersekolah di ELS (Europese Lagere School) dimana Kartini belajar bahasa Belanda.  Kartini memiliki kegemaran belajar, salah satunya beliau sering membaca majalah, koran, dan buku-buku dari Eropa. Melalui membacalah Raden Ajeng Kartini tertarik dengam pemikiran perempuan-peremouan Eropa dan timbul pemikiran untuk menyetarakan gender dengan laki-laki. Saat usianya masih muda, Raden Ajeng Kartini dijodohkan. Raden Ajeng Kartini menerima perjodohan orang tuanya, tetapi dengan syarat diperbolehkan membangun sekolah untuk para perempuan dengan tujuan dapat membagikan ilmunya, sehingga ia dapat mewujudkan impiannya untuk kesetaraan emansipasi wanita. Semenjak itu, para perempuan memiliki hak untuk belajar dan bekerja, sehingga sudah tidak ada penindasan lagi terhadap wanita. Pada tanggal 17 September 1904, Raden Ajeng Kartini menghembuskan napas terakhirnya pada usi 25 tahun. Sepeninggalan Kartini, J.H. Abendanon yang merupakan Menteri Kebudayaan, Agama, dan Kerajinan Hindia Belanda mengumpulkan seluruh surat dari Kartini dan membuatnya menjadi sebuah buku berjudul Door Duisternis tot Licht yang artinya “Dari Kegelapan Menuju Cahaya” pada tahun 1911. Di tahun 1992 Balai Pustaka menerbitkan buku tersebut dalam bahasa Melayu dengan judul Habis Gelap Terbitlah Terang. Kemudian tahun 1938, keluarlah Habis Gelap Terbitlah Terang versi Armijn Pane, yang merupakan sastrawan Pujangga Baru. Tulisan-tulisan kartini yang sangat menarik, dapat mengubah pemikiran-pemikiran Belanda terhadap pandangan perempuan pribumi. Maka, sejak tanggal 21 April selalu diperingati Hari Kartini untuk mengenang jasa dan peringatan hari lahir Raden Ajeng Kartini.

Nah, luar biasa sekali ya perjuangan Raden Ajeng Kartini. Untuk perempuan-perempuan Indonesia, jangan mudah menyerah dan selalu memiliki semangat tinggi dalam mewujudkan cita-cita ya. Karena, perempuan pada jaman dulu, sulit sekali mendapatkan kebebasan untuk belajar dan bekerja. Mimin harap, semoga perempuan-perempuan Indonesia dapat meneruskan jasa Raden Ajeng Kartini dan menghargai perjuangannya.

 

See You The Next Article…….

34 Replies to “Tanpa Beliau Para Wanita Tak Mungkin Bisa Belajar dan Bekerja

  1. Your blog is a wealth of information. I always learn something new from your posts. This one was particularly enlightening. Great job!blogpulse

  2. Informative Site… Hello guys here are some links that contains information that you may find useful yourselves. It’s Worth Checking out 급전

  3. Wow, incredible blog format!
    How long have you ever been blogging for? you made running a blog look easy.

    The entire look of your website is fantastic, let alone the content!
    You can read similar here prev next
    and that was wrote by Domenic96.

  4. Wow, fantastic blog format!
    How long have you ever been blogging for? you made
    running a blog look easy. The full glance of your website is magnificent, as well as the content!

    You can read similar here prev next and that was wrote by Ashton82.

  5. Hello! Do you know if they make any plugins to help with SEO?
    I’m trying to get my website to rank for some targeted keywords but
    I’m not seeing very good results. If you know of any please share.
    Cheers! You can read similar art here: Link Building

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *