Lingkungan Perkuliahan Banyak yang Toxic?Jangan ya dek ya!

Tips & Trick

Hallo sobat LMK!! Menghindari lingkungan toxic di perkuliahan merupakan langkah penting bagi mahasiswa baru untuk menciptakan pengalaman belajar yang positif dan produktif. Sebagai mahasiswa yang baru memasuki dunia kampus, penting untuk mengenali tanda-tanda lingkungan yang tidak sehat. Mimin punya beberapa tips nya nih untuk menghindari lingkungan toxic di perkuliahan. Yuk simak!

  • Kenali Teman dengan Bijak

Jangan sampai rasa takut akan kesepian atau kekhawatiran bahwa kamu tidak akan memiliki teman membuatmu terburu-buru dalam memilih teman, baik itu yang baik maupun yang toxic. Sebagai mahasiswa baru, penting untuk berhati-hati dan selektif dalam menjalin pertemanan, agar kamu tidak terjebak dalam hubungan yang tidak sehat atau merugikan.

  • Jangan Takut untuk Mengatakan Tidak

Jangan ragu untuk menegaskan batasanmu ketika seseorang atau situasi mulai menghabiskan terlalu banyak waktu dan energi yang seharusnya kamu pilih antara kepentingan pribadi atau akademis. Penting untuk memahami bahwa menolak permintaan atau mundur dari situasi yang membebani bukanlah tindakan egois, melainkan sebuah langkah yang sehat untuk menjaga keseimbangan hidup dan kesehatan mental.

  • Memanajemenkan Waktu dengan Baik

Mengelola waktu dengan baik adalah kunci untuk mengurangi stres dan memastikan bahwa kamu memiliki cukup waktu untuk melakukan aktivitas yang penting bagi kesejahteraanmu. Dengan merencanakan dan menyusun jadwal dengan cermat, kamu bisa menghindari penundaan yang sering menyebabkan tekanan.

  • Kenali Tanda-tanda Lingkungan Toxic di Sekitarmu

Kenali berbagai ciri-ciri lingkungan atau individu yang berpotensi toxic, seperti frekuensi terjadinya drama atau konflik yang tidak produktif, adanya perilaku manipulatif yang bertujuan untuk mempengaruhi atau mengendalikan orang lain, serta tekanan sosial yang tidak sehat yang bisa membuatmu merasa terpaksa atau tidak nyaman.

Nah untuk kamu mahasiswa baru untuk menghindari lingkungan  toxic kamu harus kenali teman dengan bijak, Jangan Takut untuk Mengatakan Tidak, Memanajemenkan Waktu dengan Baik dan Kenali Tanda-tanda Lingkungan Toxic di Sekitarmu.  Jadi untuk kamu jangan pernah takut yaa untuk menghindari lingkungan toxic. Semangat sobat LMK!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *