Artikel

Mengenang dan Memaknai Hari pendidikan Nasional

Source: kaltim.tribunnews.com

Hallo sobat LMK!! 2 Mei diperingati sebagai hari pendidikan nasional. Pendidikan sangat penting untuk membangun dan mengangkat martabat bangsa. Hari pendidikan di peringati untuk mengenang kelahiran  Ki Hajar Dewantara yang lahir pada 2 mei 1889. Ia seorang pahlawan pendidikan Indonesia yang dikenal sebagai pelopor pendidikan bagi rakyat.

Ki Hajar Dewantara memiliki semboyan Ing ngarsa sung tuladha,ing madya mangun karsa, tut wuri hangdayani. Yang artinya di depan memberi contoh yang baik, di tengah membangun semangat, di belakang memberikan dukungan.

Pada saat itu, ki hajar dewantara memiliki beberapa program diantaranya yaitu taman siswa, pendirian nasional taman dewasa, peran politik, serta pendidikan wanita.

Pentingnya hari pendidikan nasional ini mengingatkan kita akan jasa-jasa para pahlawan yang sudah berjuang keras agar rakyat indonesia mendapatkan akses untuk pendidikan. Meskipun telah banyak kemajuan pada akses pendidikan, anak-anak di indonesia saat ini masih banyak yang tidak memiliki kesempatan untuk merasakan pendidikan yang layak, karena salah satunya  faktor ekonomi.

Oleh karena itu, mari kita tingkatkan kesadaran kita akan pentingnya pendidikan dalam membangun bangsa dan mewujudkan indonesia yng lebih maju, adil, serta sejahtera  bagi kita semua.

Selamat Hari Pendidikan Sobat LMK!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *