Tips & Trick

Biar Gak Bingung, Yuk Simak Tips untuk Membantu Memutuskan Jenis Shot yang Tepat

Source: kliknklik.com

Hallo Sobat LMK! Buat kalian yang suka sama hal – hal berbau kamera, suka bikin film, suka buat video dan lainnya, tips ini mungkin akan sangat membantu kamu memberi informasi untuk memutuskan jenis shot yang tepat untuk project kamu nih, biar hasil karya kamu jadi lebih mantap! Yuk langsung disimak!

1. Mengerti Cerita dan Karakter

Tips pertama ini adalah hal penting yang harus kamu pahami juga untuk mendalami cerita dalam karya yang sedang kamu buat, karena melalui shot yang akan kamu ambil tentunya akan sangat mempengaruhi pemahaman para penonton yang melihat karya kamu, jadi jika sobat LMK menjadi tim produksi suatu film/video terlebih dahulu kalian juga harus memahami jenis cerita seperti apa yang akan dibawakan.

2. Mempertimbangkan Lokasi

Selain harus cerdas dalam pengambilan jenis shot, sobat LMK juga harus bisa memilih lokasi yang memungkinkan untuk pengambilan video. Tidak dipungkiri lokasi akan sangat mempengaruhi pemilihan shot, jadi bagaimana pengambilan video dilokasi tertentu akan sangat mempengaruhi nilai keestetikan hasil rekaman. Sobat Lmk bisa menggunakan wide shot untuk menonjolkan suatu lokasi, dan dapat menggunakan close up untuk memperlihatkan detail yang ada pada ruangan berukuran kecil.

3. Emosi dalam Adegan

Nah, yang satu ini pasti sering kita jumpai jika melihat sedang menonton film dan hal ini sangat penting untuk membangun emosional para penonton. Jika suatu adegan harus menampilkan emosi yang intens, mempergunakan close up akan tepat. namun, jika ada adegan berinteraksi antara 2 orang atau lebih, medium shot akan sangat baik digunakan.

4. Keseimbangan Visual

Kalau berbicara tentang keseimbangan visual, pasti gak jauh – jauh dari nilai keestetikan dan kerapihan suatu karya. Jika kamu memiliki nilai keestetikan maka pengambilan rekaman yang kamu miliki akan menjadi nilai plus karena kerapihannya. seperti kesimetrisan yang diambil pada beberapa adegan guna menciptakan shot yang menarik.

Itu dia beberapa tips dari mimin untuk kamu dalam menentukan jenis shot, semangat untuk belajar terus ya sobat LMK!

ada pipa ada pelangi, sampai jumpa sama mimin lagi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *