Keindahan Berkurban di Hari Raya Idul Adha

Artikel

Hallo Sobat LMK! 17 Juni 2024 merupakan Hari Raya Idul Adha, pada hari ini dikenal sebagai Hari Raya Qurban, memperingati kisah pengorbanan Nabi Ibrahim AS yang bersedia mengorbankan putranya, Ismail AS, sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT. Dalam peringatan ini, umat Muslim melaksanakan ibadah qurban dengan menyembelih hewan seperti sapi, kambing, atau domba. Namun, apa sih manfaat yang kita peroleh dari berkurban?

Berkurban merupakan kesempatan kita untuk meyucikan diri dan harta benda yang telah kita raih. Berkurban seperti membilas segala rezeki yang kita dapatkan. Dengan keikhlasan dalam berkurban, kita akan mendapat keberkahan dan ridho-Nya atas segala sesuatu yang didapat. Selain mendapat keberkahan kita juga dapat membagi keberkahan tersebut dengan daging hewan kurban yang kita bagikan kepada orang lain.

Seperti yang dikatakan oleh Rasulullah, diriwayatkan Abu Hurairah ra dalam kitab Al-Firdaus karya Imam Ad-Dailami “Gemukkanlah hewan-hewan kurban kalian, karena sungguh hewan itu adalah kendaraan kalian saat melewati shirath (jembatan) kelak,”

Dan perlu Sobat LMK ketahui beberapa syarat untuk kita yang ingin berkurban, diantaranya:

  • Beragama Islam.
  • Merdeka atau bukan budak.
  • Mukallaf (orang yang sudah dibebankan perintah dan larangan dalam agama).
  • Balig.
  • Mampu atau memiliki kelebihan harta yang cukup untuk membeli hewan kurban. Nah, jadi berkurban itu sunnah ya Sobat LMK!

Selamat bersenang – senang di Hari Raya Idul Adha ya Sobat LMK! Jangan kebanyakan makan sumsum ya!

Pak Jaki kesandung batu, kaki sapi dong satu..

1 thought on “Keindahan Berkurban di Hari Raya Idul Adha

  1. Специальная оценка условия труда на предприятия

    Проведение СОУТ включает ряд важных этапов. Сначала проводится подготовка и сбор необходимой документации, затем специалисты проводят оценку рабочих мест и выявляют риски. На последнем этапе составляется отчет, где даются рекомендации по улучшению условий труда. Оценка условий труда заказать не только обеспечивает соответствие законодательству, а также увеличивает доверие сотрудников к работодателю.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *