Batik Dijadikan Sebagai Ramalan Cuaca?

Hallo sobat LMK!! Selamat Hari Batik Nasional. Kamu tau gak sih ada fakta menarik lho tentang batik. Yuk simak!

Batik berasal dari indonesia, lebih tepat nya dari daerah jawa.  Dahulu, penggunaan batik sering kali dijadikan sebagai penanda  status sosial seseorang. Beberapa motif hanya diperbolehkan untuk kalangan tertentu, seperti raja atau bangsawan. Pembuatan batik membutuhkan proses yang rumit. pembuatannya bisa sampe berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu tergantung pada desain yang akan dibuat. 

Selain dijadikan sebagai sebuah karya seni yang memiliki nilai estetika dan budaya yang tinggi, batik juga sering masuk dalam dunia fashion, dimana desainnya yang unik dan beragam digunakan dalam berbagai macam pakaian, furniture dan produk fashion lainnya, sehingga tidak hanya sekedar bahan saja. Batik adalah kekayaan budaya bagi masyarakat umum, namun terlihat modern dan bergaya bagi penggunanya

Batik dijadikan sebagai ramalan cuaca? Nah, dahulu  beberapa petani di Jawa memiliki tradisi unik yang mengaitkan motif batik tertentu dengan praktik pertanian mereka, di mana mereka menggunakan pola-pola tersebut sebagai semacam kalender pertanian untuk menentukan waktu tanam dan musim panen, sehingga menciptakan hubungan yang erat antara seni batik dan siklus alam dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Wah, sobat LMK yang berada di jawa, apakah petani jawa sekarang masih mengaitkan batik sebagai ramalan cuaca? Hehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *