Funsa

Ini Dia Amalan yang Dapat Dilakukan Perempuan Saat Sedang Haid di Bulan Ramadhan

Source: bincangsyariah.com

Hallo Sobat LMK! Untuk semua perempuan yang sudah balig pasti puasanya gak akan bisa full nih, tapi jangan sedih girls kalian masih bisa mendapatkan pahala dengan melakukan amalan ini saat sedang haid dibulan ramadhan. Amalan apa aja sih itu? Yuk simak!

1. Menuntut ilmu dan mengajarkan ilmu

Syekh Abu Laits Nasr bin Muhammad As-Samarqandi, dalam kitabnya Tanbihul Ghafilin meriwayatkan dari Muadz bin Jabal, ia berkata:  

وَعَنْ مُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ رَضِيَ اللَّهُ تَعَالَى عَنْهُ، قَالَ: ‌تَعَلَّمُوا ‌الْعِلْمَ ‌فَإِنَّ ‌تَعَلُّمَهُ حَسَنَةٌ، وَطَلَبَهُ عِبَادَةٌ، وَمُذَاكَرَتَهُ تَسْبِيحٌ، وَالْبَحْثُ عَنْهُ جِهَادٌ وَتَعْلِيمَهُ مَنْ لَا يَعْلَمَهُ صَدَقَةٌ، وَبَذْلَهُ لِأَهْلِهِ قُرْبَةٌ  

Artinya, “Dari Muadz bin Jabal ra berkata: Belajarlah ilmu pengetahuan, sebab sesungguhnya belajar merupakan kebaikan, mencarinya merupakan ibadah, menelaahnya merupakan tasbih, mengkajinya merupakan jihad, mengajarkannya kepada yang belum tahu merupakan sedekah dan menyerahkannya kepada ahlinya merupakan amal yang dapat mendekatkan kepada Allah”. (As-Samarqandi, Tanbihul Ghafilin, [Beirut, Dar Ibnu Katsir: 2000], halaman 429).

2. Memberi makan orang yang berbuka puasa

Sebagai ganti tidak melaksanakan ibadah puasa saat sedang haid dibulan ramadhan, kalian bisa banget untuk memberi makan orang yang berbuka puasa seperti keluarga ataupun orang lain.

عَنْ زَيْدِ بْنِ خَالِدٍ الجُهَنِيِّ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ‌مَنْ ‌فَطَّرَ ‌صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ، غَيْرَ أَنَّهُ لَا يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا  

Artinya, “Dari Zaid bin Khalid Al-Juhani, ia berkata: “Rasulullah saw bersabda: “Barangsiapa yang memberi makanan kepada orang untuk berbuka puasa, maka ia mendapatkan pahala sesuai orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa sedikitpun”. (HR At-Tirmidzi).

3. Melakukan kerja sosial

Memanfaatkan waktu sebaik baiknya untuk mendapatkan banyak pahala lain selain dari berpuasa, seperti saling membantu seksama, yang dikatakan dalam surat AL-Maidah ayat 2

‌وَتَعَاوَنُواْ عَلَى ٱلۡبِرِّ وَٱلتَّقۡوَىٰۖ وَلَا تَعَاوَنُواْ عَلَى ٱلۡإِثۡمِ وَٱلۡعُدۡوَٰنِۚ   

Artinya, “Tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. (QS Al-Maidah: 2)

Sobat LMK amalan amalan yang disebutkan diatas juga bisa banget kamu lakuin walaupun sedang tidak haid ya! Semoga semua ibadah yang sudah kita lakukan di terima dengan baik!

Bunga Jempa kuning warnaanya, Sampai jumpa di funfact selanjutnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *