Funsa

Dibalik Rasanya yang Manis, Ada Fun Fact Menarik tentang Buah Kurma yang Patut di Ketahui

Source: www.azhan.co

Hallo Sobat LMK!! Selamat menunaikan ibadah puasa.  

Bulan Ramadhan memiliki sejarah yang kaya yang dimulai dengan ajaran Islam. Ramadhan adalah bulan suci dalam  Islam di mana umat Islam berpuasa dari fajar hingga terbenamnya matahari.

Bulan Ramadhan dianggap sebagai bulan diturunkannya Al-Quran  kepada Nabi Muhammad SAW, dan pada bulan tersebut umat Islam merayakan nilai-nilai seperti keimanan, pengorbanan, dan cinta.

Tradisi berpuasa di bulan Ramadhan merupakan salah satu pilar penting dalam ibadah umat Islam di seluruh dunia.

Salah satu menu berbuka puasa yang dianjurkan Rasulullah adalah Kurma. Kenapa sih buah kurma namanya kurma? Jadi, Buah kurma dinamakan demikian karena nama tersebut berasal dari bahasa Arab “kurma” (قرم) yang artinya “tanggal”. Buah ini disebut demikian karena bentuknya yang menyerupai tanggal dan juga karena kurma telah lama menjadi makanan pokok di berbagai negara Timur Tengah dan daerah-daerah tropis lainnya. Dengan penyebaran agama Islam, perdagangan dan penggunaan kurma meluas ke berbagai belahan dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Seiring waktu, kurma juga telah menjadi populer sebagai cemilan sehat di seluruh dunia.

kalian tau gak nih kenapa kurma menjadi menu yang di anjurkan Rasulullah untuk berbuka puasa? Buah kurma kaya akan gula alami dan serat, yang bisa membantu mengembalikan kadar gula darah setelah puasa. Selain itu, kurma juga mengandung banyak nutrisi penting seperti kalium, magnesium, dan vitamin, sehingga membantu tubuh untuk pulih setelah seharian berpuasa serta buah kurma juga mendatangkan berkah. jadi, itulah makanan yang di pilih rasulullah dan dikonsumisi pada saat sahur dan berbuka puasa.

 Selain itu, Nabi muhammad juga menjadikan buah kurma sebagai penahan lapar, karena kurma adalah makanan yang tersedia secara luas di daerah yang ia tinggali. Nabi Muhammad (SAW) hidup di wilayah Arab yang kering, di mana kurma merupakan salah satu sumber makanan utama yang tersedia secara alami. Kurma adalah sumber energi yang baik karena kandungan gulanya yang tinggi, dan juga mengandung serat serta beberapa nutrisi penting lainnya.

Pilihan Nabi Muhammad (SAW) untuk makan buah kurma saat lapar juga bisa mencerminkan kebiasaan makan yang sederhana dan alami. Beliau mengajarkan umatnya untuk bersyukur atas rezeki yang diberikan Allah, termasuk makanan sederhana seperti kurma. Selain itu, ada hadis yang menyebutkan bahwa Nabi Muhammad (SAW) juga mengkonsumsi kurma karena diyakini memiliki banyak manfaat kesehatan.

Kurma telah lama dijadikan obat tradisional karena kaya akan nutrisi dan memiliki beragam manfaat kesehatan seperti pencernaan dan kesehatan usus, meningkatkan kesehatan jantung, serta kesehatan tulang.

Wah, ternyata bulan puasa selain untuk memperbanyak amal ibadah bisa meningkatkan kesehatan juga sobat LMK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *