Funsa

Ternyata Banyak Banget! Tradisi Unik Lebaran di Indonesia

Hallo Sobat LMK! Kalian tahu gak sih? Ternyata faktanya banyak banget tradisi unik yang ada di Indonesia lho! Yuk yuk langsung simak aja, ada tradisi unik dari daerah kalian gak nih?

1. Meriam Karbit

Source: kompasregional.com

Meriam Karbit ini merupakan tradisi dari masyarakat di tepian Sungai Kapuas, Pontianak, Kalimantan Barat. Tradisi ini dilakukan dalam bentuk festival yang dilaksanakan selama tiga hari yaitu sebelum, sesaat, dan juga sesudah lebaran. Permainan rakyat dinamakan meriam karbit karena memiliki bentuk dan menghasilkan suara yang sangat keras sehingga memekakan telinga seperti meriam yang menggunakan bahan karbit. Untuk membuat meriam yang kokoh memerlukan bahan bambu atau kayu sejenis mabang atau meranti dan biaya pembuatan meriam cukup banyak memakan biaya.

2. Ngejoet

Source: detiktravel.com

Ngejoet merupakan tradisi memberi makanan kepada tetangga. Tradisi ini dilakukan masyarakat Bali menjelang Idulfitri. Tradisi Ngejoet ini tidak hanya dilakukan oleh umat Islam. Ngejoet juga dilakukan oleh umat Hindu saat Hari Raya Galungan, Nyepi, dan Kuningan. Hal yang sama juga dilakukan oleh umat Kristiani saat merayakan Natal.

3. Lebaran Topat

Source: timesindonesia.co.id

Lebaran topat adalah sebuah tradisi yang dilaksanakan masyarakat Sasak di Lombok seminggu setelah hari Idul Fitri. Lebaran topat pada dasarnya adalah sebuah ‘lebaran kecil’ setelah umat muslim selesai menunaikan puasa sunnah bulan Syawal, yaitu puasa selama 6 hari berturut-turut setelah hari Idul Fitri.

4. Grebeg Syawal

Source: suara.com

Grebeg Syawal merupakan tradisi yang dilakukan oleh Kraton Yogyakarta pada 1 Syawal. Grebeg memiliki arti diiringi atau diantar oleh orang banyak. Hal ini merujuk pada pada iring-iringan para prajurit dan Abdi Dalem dalam membawa gunungan dari keraton menuju Masjid Gedhe. Grebeg Syawal ini berasal dari kata “Grebeg” yang berarti “berjalan bersama-sama di belakang Ngarsa Dalem” atau seseorang yang dianggap seperti Ngarsa Dalem. Tradisi ini pun dilakukan demi menyambut bulan Syawal dan sebagai penanda berakhirnya bulan Ramadhan.

5. Tumbilatohe

Source: kompasregional.com

Tumbilatohe merupakan tradisi unik yang ada di Gorontalo. Dari aspek kebahasaan, Tumbilatohe berasal dari dua kata yaitu tumbilo berarti menyalakan, tohe berarti lampu. Tumbilatohe adalah perayaan berupa memasang lampu di halaman rumah-rumah penduduk dan di jalan-jalan terutama jalan menuju masjid. Perayaan ini dilakukan pada 3 malam terakhir menjelang hari raya Idul Fitri.

Wah banyak banget tradisi unik di Indonesia yang ternyata memiliki makna dan pesan yang sangat indah ya sobat LMK. Dari kalian ada yang pernah mengikuti salah satu tradisi diatas gak nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *