Artikel

Waduh! Bagi Bagi THR Haram?

Source: detik.com

Hallo Sobat LMK! THR atau Tunjangan Hari Raya merupakan tradisi yang biasanya ada saat lebaran tiba, hal ini merupakan niat yang menjadi ibadah dikarenakan memiliki tujuan untuk berbagi kepada seksama. Nah ngomongin soal THR, lebaran tahun ini kalian dapet THR berapa nih? atau malah kalian yang ngasih THR? Tapi ternyata THR bisa menjadiharam lho! Kok bisa? Yuk simak!

THR haram apabila jika didapatkan Dengan cara meminta minta

Hayo siapa disini yang suka minta – minta THR? Karena THR atau rezeki yang kita dapat dengan diberikan tulus sepenuh hati oleh orang yang memberi akan mendapatkan pahala yang lebih baik, daripada harus meminta – minta nih sobat LMK.

THR haram apabila diberikan dengan tujuan menyakiti penerimanya

Nah disini khusus kalian yang sudah ngasih THR ke saudara – saudara tercintah nih.. Tujuan utama dari memberi, sebagai wadah untuk membersihkan hati, meringankan beban bagi yang menerima dan pembuka pintu rezeki. Maka dari itu orang yang memberi harus sungguh – sungguh sepenuh hati tanpa ada niat untuk menyakiti orang yang menerimanya.

Itu dia yang menjadikan THR Haram, jadi jangan dilakukan ya sobat LMK! Bedasarkan dalil tentang hadiah dan sedekah, sabda Rasulullah SAW yang berbunyi:

“Apabila seseorang dari kamu masih dalam keadaan miskin, hendaklah ia memilai dengan dirinya sendiri dan keluarganya. Jika setelah itu masih ada kelebihan, hendaklah ia bersedekah kepada sanak kerabatnya yang terdekat. Dan jika masih ada lagi kelebihan barulah ia memberikannya kepada yang ini dan yang itu.” (HR Muslim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *