Artikel

Yuk! Pahami Apa Itu Music Score?

Source: kuparan.com

Hallo Sobat LMK! Kalian yang berada di dunia musik pasti ga asing nih sama kata music score, tapi kalian tau gak sih pengetahuan lebih dalam tentang music score itu sendiri? buat kalian yang tertarik di dunia perfilman, kalian wajib banget untuk pahamin ini, yuk disimak!

Apa sih Music Score itu?

Music score adalah proses menciptakan dan merekam musik yang sesuai dengan gambaran visual, seperti film, serial TV, video game, atau iklan. Music scoring bertujuan untuk menghidupkan emosi, dan drama pada suatu karya audiovisual. Music score memberikan nilai tambah dan pengalaman yang berkesan bagi penonton. Adapun tahap music score antara lain:

Pre-production, dalam hal ini membahas mengenai konsep music antara komposer dan sutradara, mendalami tentang genre, gaya dan musik yang dibutuhkan.

Composition, dalam hal ini penciptaan tema-tema musik utama dan variasinya, serta pengembangan skor musik secara keseluruhan. Komposer dapat memaikan alat musik sendiri untuk menciptakan musik atau menciptakan musik yang sesuai.

Orchestration, dalam hal ini meliputi penyesuaian skor musik untuk berbagai instrumen yang akan digunakan dalam rekaman. Orkestrasi dapat mempengaruhi warna, tekstur, dan dinamika musik.

Recording, dalam hal ini meliputi proses merekam musik secara langsung dengan menggunakan musisi dan penyanyi profesional di studio rekaman, atau secara digital dengan menggunakan sampel suara atau sintesis suara.

Mixing, dalam hal ini merupakan proses menggabungkan dan menyeimbangkan berbagai elemen suara dalam skor musik, seperti volume, panoramik, equalisasi, efek suara, dll. 

Mastering, dalam hal ini meliputi proses memberikan sentuhan akhir pada skor musik sebelum diserahkan kepada pihak audiovisual. Mastering ini juga dapat mempengaruhi tingkat kejernihan suara sehingga mastering menjadi salah satu tahap yang penting.

Nah, segitu dulu ya sobat LMK, beberapa informasi seputar music score, semoga bermanfaat dan selamat belajar!

Ada papan diiket tali, kapan kapan lagi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *