Jurusan Broadcast Kok Belajar Psikologi?

Artikel

Source: www.newscaststudio.com

Hallo sobat LMK! Jika kalian tertarik menjadi seorang reporter, presenter, atau produser tapi bingung memilih jurusan, ini dia pilihan yang tepat untuk mengembangkan skill kalian. Yuk simak, jangan sampai ketinggalan fakta menarik tentang studi ini.

Broadcast journalism merupakan bidang penulisan berita yang menggunakan media penyiaran seperti radio, televisi, dan platform online untuk menyampaikan informasi kepada khalayak dengan menggunakan audio dan visual. Jurnalis dan saluran berita dalam bidang ini bertanggung jawab untuk menyajikan berita terkini secara langsung atau melalui rekaman, memastikan informasi yang akurat dan terpercaya sampai kepada khalayak.

Dari apa yang orang-orang tahu tentang broadcast, mata kuliah ini terkait dengan penggunaan kamera dan penulisan naskah. Namun, ternyata dalam studi broadcast juga terdapat mata kuliah psikologi komunikasi lho yang mempelajari interaksi manusia, termasuk bagaimana individu berkomunikasi dan berinteraksi dalam konteks media. Mata kuliah psikologi juga dapat membantu peran emosional dalam berita yang efektif.

Psikologi komunikasi itu membahas bagaimana pesan dikodekan, diterima, dan dipahami oleh individu atau kelompok. Ini mencakup elemen-elemen seperti pembentukan pesan, persepsi, dan pengaruh konteks dalam komunikasi. Psikologi komunikasi juga membahas bagaimana ekspresi memengaruhi pesan yang di terima dan disampaikan, seperti dari bahasa tubuh, ekspresi wajah dan intonasi suara sesorang.

Setelah lulus, lulusan jurusan ini memiliki beragam peluang karir. Kalian bisa menjadi reporter yang melaporkan berita dari lapangan, presenter yang menghidupkan suasana di depan kamera, atau produser yang mengatur dan mengkoordinasi produksi program siaran. Selain itu, mereka juga dapat bekerja sebagai content creator, editor, kameramen, atau produser.

Dengan memilih jurusan broadcast journalism, mahasiswa mempersiapkan diri untuk karir dalam industri media sebagai langkah awal menuju dunia jurnalisme yang menantang dan memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *