Bukti Basket Bukan Cuma Skill, Tapi Mental Juara Abis!

Cesyik Cesyik

Hallo sobat LMK! Udah weekend lagi aja nih, waktunya cerita- cerita asyik! nama gua Darma Kusuma, biasa dipanggil Darma. Gua pertama kali kenal basket dari zaman SMP. Alasannya simpel, karena om gua suka main basket dan nyokap bilang kalo jadi anak basket itu keren. Akhirnya gua ikutan ekstrakurikuler basket di sekolah. Awalnya cuma latihan biasa di sekolah, tapi kemudian pelatih nawarin gua buat ikut latihan di Falcon Basketball Club. Sejak itu, latihan gua makin serius, dari sekali seminggu jadi empat kali seminggu, walaupun capek karena latihan malem dari jam 6-8, tapi gua seneng karena skill dan fisik gua juga makin oke dibanding temen-temen yang gak ikut club. Selain itu, gua tetep bisa balance antara latihan dan pendidikan.

Pertandingan pertama gua waktu itu cuma bisa dapet juara 3, tapi itu udah bikin gua tambah suka sama basket karena gua dapet uang hadiah dari hasil jerih payah gua sendiri. Terus ada juga kejuaraan pekan olahraga provinsi (PORPROV) di mana gua wakilin sekolah. Meskipun akhirnya kalah, tapi gua dapet gaji pertama dari basket, rasanya bangga banget.

Lulus SMP, gua masuk SMA dan diposisikan menjadi shooting guard. Di sini gua belajar banyak dari senior dan pelatih gua, dari cara kontrol ego sampe strategi main yang lebih cerdas. Latihannya makin serius, sampe lima kali seminggu, bahkan gua latihan bareng anak kampus Budi Luhur tiap weekend karena pelatihnya juga ngajar di sana.

Di SMA, gua sering ikut kompetisi antar sekolah. Biasanya, setiap senin pas waktu upacara pasti ada aja bawa piala buat sekolah. Salah satu yang paling berkesan pas gua berhasil ngalahin SMA terkenal di Jakarta Selatan dalam kompetisi DBL. Itu bikin mental basket gua makin kuat karena ada kebanggaan tersendiri.

Sayangnya, di tahun ketiga SMA, pandemi Covid-19 bikin semua kejuaraan olahraga berhenti. Setelah lulus SMA, gua nyoba masuk PTN dan kedinasan, tapi nggak lolos. Gua juga sempet nyoba seleksi beasiswa di Budi Luhur, awalnya dapet beasiswa 50% tapi gua gak ambil karena kondisi ekonomi yang kurang stabil. Akhirnya gua putusin buat gap year buat belajar dan latihan lebih serius lagi.

Alhamdulillah, dengan upaya dan kegigihan, akhirnya gua dapet beasiswa 100% di kampus Budi Luhur lewat seleksi atlet. Ini jadi bukti buat gua kalo gak boleh nyerah, karena setiap orang punya jalan hidupnya masing-masing.

Jadi, pesannya simple aja jangan pernah nyerah sama apa yang kita jalani. Setiap orang punya rezeki dan waktunya sendiri.

Semangat terus!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *