Semester Baru, Semangat Baru! Ini Dia Tips Simple untuk Memudahkan Kamu Memahami Materi Perkuliahan!

Tips & Trick

Source: suneducationgroup.com

Halo sobat LMK! Sudah memasuki semester baru nih, gimana liburan kaliabn, wah mata kuliah makin berat aja nih. Gimana ya cara memahami materi perkulian agar hasil semester ini sesuai harapan. Tenang mimin hadir membawa tipsnya. Yuk simak! 

  • Pandai memilih tempat duduk

Pilihlah tempat duduk di bagian depan kelas agar kamu bisa lebih fokus saat dosen menjelaskan materi. Jika tidak ingin duduk di depan, pilihlah bagian tengah. Duduk di bagian belakang bisa membuatmu kurang fokus dan mudah mengantuk.

  • Perbanyak diskusi

Biasakan untuk berdiskusi dengan teman sekelas setelah materi diajarkan oleh dosen. Diskusi membantu kamu mengulang dan memperjelas materi. Jika ada yang belum dipahami, tanyakan kepada teman jika tidak sempat bertanya di kelas.

  • Rajin mencatat

Mencatat materi yang disampaikan dosen memudahkan pemahaman dan memudahkan kamu ketika perlu mengingat kembali apa yang telah dijelaskan. Catatan yang baik akan sangat membantu saat belajar di luar kelas.

  • Jangan ragu bertanya

Jangan malu untuk bertanya saat di kelas jika ada yang belum dipahami. Bertanya di kelas akan lebih efektif daripada mencoba memahami materi sendiri setelah kelas berakhir.

  • Fokus saat dosen menjelaskan

Usahakan untuk tetap fokus dan tidak terganggu saat dosen memberikan penjelasan. Hindari bermain ponsel atau berbicara dengan teman agar kamu bisa lebih mudah memahami materi yang disampaikan.

  • Pandai memanajemen waktu

Dengan memanajemen waktu dengan baik, kamu dapat mengoptimalkan proses belajar, sehingga setiap sesi belajar menjadi lebih produktif dan terstruktur. Ini juga membantu mengurangi stres karena kamu tidak akan terburu-buru oleh deadline yang mendekat. Selain itu, dengan jadwal yang teratur, kamu dapat lebih mudah memahami materi kuliah secara mendalam dan lebih luas, karena kamu memiliki waktu yang cukup untuk mencerna informasi dan melakukan review secara berurutan.

Nah gimana nih sobat LMK, sekarang sudah mengetahui kan bagaimana tips memahami materi perkuliahan dengan baik mulai dari pandai memilih tempat duduk, perbanyak diskusi dengan teman-teman setelah materi di ajarkan, rajin mencatat, bertanya jika dikelas jika belum paham, jangan biasakan bermain ponsel agar tetap fokus, dan bisa membagi waktu kamu. Selamat memulai semester baru dan tetap semangat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *