Mengingat Kembali Sejarah Peristiwa yang Terjadi Pada Tanggal 30 September!

Source: detik.com

Hallo sobat LMK!! Pada tanggal 30 September di peringati sebagai hari Pemberontakan G30S/PKI. G30S/PKI adalah peristiwa penting dalam sejarah Indonesia yang terjadi pada tahun 1965. Peristiwa ini terjadi ketika sekelompok orang yang mengaku sebagai partai komunis Indonesia, kemudian mereka menculik dan membunuh beberapa jendeal angkatan darat pada saat itu. Jendral tersebut adalah Ahmad Yani, merupakan tokoh penting dalam militer Indonesia.

Tujuan G30S/PKI ini untuk mengambil alih kekuasaan dengan alasan menyelamatkan presiden sukarno dengan apa yang mereka sebut sebagai tindakan kudeta.

Jendal Suharto kemudian menggerakkan pasukan untuk menghadapi G30S dan mengambil tindakan tegas terhadap PKI, yang dianggap bertanggung jawab atas kekacauan yang terjadi. Sehingga dalam waktu singkat terjadi penangkapan massal terhadap anggota PKI berujung pada pembantaian. Peristiwa ini menewaskan ratusan ribu hingga jutaan orang. Banyak juga orang yang diam-diam bersembunyi agar selamat dari peristiwa tersebut.

Peristiwa G30S/PKI ini masih menjadi topik kontroversial dalam sejarah indonesia, karena dampaknya masih terasa hingga sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *