Lakukan Ini Jika Terjadi Gempa di Sekitarmu!

Source: kompas.com

Halo sobat LMK! Kita semua tahu bahwa bencana alam, seperti gempa bumi bisa datang kapan saja tanpa peringatan. Jadi penting banget untuk tetap tenang dan tidak panik. Jika tiba-tiba gempa mengguncang sekitar kamu, lakukanlah bebearap tips berikut ini untuk membantu menjaga keselamatanmu. Yuk simak!

  • Bersembunyi di Bawah Meja yang Kokoh : Jika terjadi gempa di sekitar kamu dan kebetulan ada meja yang kokoh di dekatmu, sebaiknya segera mencari perlindungan dengan bersembunyi di bawah meja tersebut, karena meja itu dapat memberikan perlindungan yang penting dari kemungkinan retakan atau runtuhan bangunan yang kurang kokoh di sekitarmu. Dengan cara ini, kamu dapat meminimalkan risiko cedera akibat benda-benda yang jatuh selama guncangan.
  • Jangan Panik : Panik saat terjadi gempa hanya akan membuat kamu semakin tidak tenang dan sulit berpikir jernih. Sebaiknya, tetaplah tenang dan jangan panik. Jika kamu berada di dalam ruangan, tetaplah di tempat tersebut dan jangan berusaha keluar sebelum situasi benar-benar aman, karena banyak cedera terjadi saat orang berlari keluar.
  • Hindari Diri dari Jendela: Jika ruanganmu memiliki jendela, saat terjadi gempa menjauhlah dari jendela untuk menghindari pecahan kaca akibat getaran gempa tersebut.
  • Perhatikan Listrik: Jika terjadi gempa dan ada kerusakan setelah gempa terjadi, perhatikan sumber listrik. Matikan listrik jika perlu untuk menghindari resiko yang buruk .
  • Jaga Jarak dari Benda Berat: Jangan berdiri di dekat benda berat seperti rak buku, lemari, atau objek lainnya agar tidak tertimpa dengan benda berat tersebut.

Nah sobat LMK, jika terjadi gempa bumi di sekitar kamu yang perlu kamu lakukan adalah Bersembunyi di bawah meja yang kokoh, Jangan Panik, Hindari Diri dari Jendela, Perhatikan Listrik dan Jaga Jarak dari Benda Berat. Ingat jangan panik ya sobat LMK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *