Smash! Taklukkan Mimpimu, di Lapangan Bulu Tangkis!

Cesyik Cesyik

Halo sobat LMK! Kenalin, nama gua Rafi Indrajati, biasa dipanggil Rafi. Umur gua 21 tahun. Jadi, cerita gue tentang badminton ini udah dimulai dari umur 4 atau 5 tahun. Awalnya sih gua cuma liat bokap gua main badminton di pertandingan. Lama-lama, gue merasa suka banget sama olahraga ini.

Dari situ rasa hobi gua makin tumbuh. Akhirnya, sekitar umur 5 tahun, gua mulai ikut klub badminton di daerah Kemanggisan, yaitu PB.Agape. Dulu, latihan seminggu cuma dua kali dan gua diantar sama nyokap atau bokap. Pas udah lama latihan, gua ikut pertandingan pertama kali di Kejurkot Jaksel (Kejuaraan Kota Jakarta Selatan). Gua bener-bener excited waktu itu dan alhamdulillah gua dapet juara 2 di Single Putra dan juara 2 di Ganda Putra. Itu bikin semangat gua makin membara buat latihan lebih keras.

Setelah beberapa tahun latihan di PB.Agape, gua pindah ke PB.Tangkas waktu umur gua 16 tahun. Di sini, gua latihan tiap hari, pagi sore, pokoknya fisik gua udah dilatih habis-habisan. Di PB.Tangkas ini, gua sempat menjuarai beberapa turnamen, seperti Popnas (Pekan Olahraga Pelajar) dan Astec International.

Puncaknya, di umur 17 atau 18 tahun, gua benar-benar siap buat tahun terakhir menuju Pelatnas Cipayung. Tapi, pandemi COVID-19 datang dan semua pertandingan terhenti selama lebih dari dua tahun. Selama masa itu, gua bener-bener merasa down dan bingung harus ngapain. Banyak teman seumuran gua juga merasakan hal yang sama.

Akhirnya pada tahun 2022, gua memutuskan untuk kuliah di Universitas Budi Luhur dan alhamdulillah dapet beasiswa A berkat prestasi gua selama ini. Di Budi Luhur, gua kembali aktif di turnamen dan berhasil meraih kemenangan di turnamen nasional seperti Unpam Cup (Universitas Pamulang Cup) dan Liga Mahasiswa (LIMA). Kesempatan itu membuka jalan bagi gua untuk dikontrak oleh brand nasional, Eagle. Gua dapet perlengkapan badminton seperti raket, tas, sepatu, dan juga uang pembinaan.

Di samping kuliah, gua juga memutuskan untuk mengisi waktu luang dengan melatih di salah satu klub di Jakarta Barat, PB.JGBC (Jenna Gozali Badminton Club). Selain itu, gua juga melatih anak-anak dan dewasa secara privat. Gua sangat bersyukur kepada Tuhan Allah SWT atas segala jalan yang diberikan, termasuk beasiswa A yang gua dapet. Terima kasih juga buat kedua orang tua gua yang selalu mendukung dan mendoakan gua. Tanpa dukungan mereka, gua gak akan bisa sampai seperti sekarang ini. Dan tentu saja, terima kasih buat pelatih gua yang udah sabar melatih gua sampai sekarang.

Pesan gua sih buat kalian semua, jangan pernah nyerah meski keadaan terasa down. Percaya aja bahwa apa yang kita lakuin bakal membuahkan hasil yang terbaik di masa depan. Selagi kita percaya sama Allah, tetap berdoa, dan jangan lupa minta doa dari orang tua. Itu yang paling penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *